Uban yang tumbuh belum pada waktunya memang sangat mengganggu, ya. Terlebih lagi, uban identik dengan usia yang menua. Kekurangan pigmen, vitamin yang tidak terpenuhi, dan faktor keturunan adalah beberapa penyebab uban muncul lebih dini. Akibatnya, kamu jadi tidak percaya diri dan berusaha untuk mewarnai rambutmu.

Tunggu dulu. Sebelum memutuskan untuk menutupi uban dengan cat rambut, mungkin ada baiknya kamu mencoba untuk menghilangkannya terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Berikut adalah 10 cara menghilangkan uban secara alami yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Kentang

Kentang untuk menghitamkan rambut

Selain sehat untuk dimakan, kentang ternyata juga memiliki banyak vitamin dan senyawa yang bagus untuk perawatan rambut. Terdiri dari seng, vitamin B, niacin, dan zat besi, kandungan dalam kentang bisa mengurangi gejala rambut beruban. 

Cara penggunaannya adalah dengan memarut kentang dan merendamnya dalam air. Kemudian, saring ampas kentang menggunakan sehelai kain. Peras sampai semua air keluar dari parutan kentang. Setelah itu, kamu bisa menggunakan airnya sebagai masker rambut. 

2. Susu Cair

Susu Cair Mengandung kalsium menambah kekuatan rambut

Susu cair mengandung kalsium yang bisa menambah kekuatan rambut. Jika dicampur dengan merica hitam dan madu, khasiatnya bisa mengurangi uban dan melembutkan rambut. Gunakan campuran tersebut sebagai masker setidaknya satu kali dalam seminggu untuk melihat hasilnya. 

3. Bawang Bombay 

Bawang bombay dapat mengembalikan warna rambut

Bawang bombay untuk rambut? Kenapa tidak! Enzim katalase yang terkandung dalam bawang bombay terkenal bisa mengembalikan warna alami rambut. Selain itu, bawang berukuran besar ini juga mengandung Phytonutrient, vitamin C, asam folat, dan zat besi yang bisa menunjang kesehatan rambut.

Untuk menggunakannya, kamu cukup menghaluskan bawang bombay dengan menggunakan blender lalu menggunakannya sebagai masker rambut. Untuk mengurangi aromanya yang kuat, kamu boleh menambahkan madu ke dalam masker rambut alami tersebut.

Baca juga: 10 Masker Rambut Alami untuk Masalah Rambut Kamu

4. Teh Hitam

Teh hitam mengandung tannid acid

Tannic acid yang terkandung di dalam teh hitam memang terbukti bisa menggelapkan warna rambut dalam beberapa kali pemakaian. Cara pemakaiannya pun tidak sulit, kamu hanya perlu mengoleskan bubuk teh hitam yang sudah dicampur dengan air. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas. Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin, ya!

5. Putih Telur dan Garam 

Putih telur dan garam ampuh menghilangkan uban

Gabungan antara protein tinggi dari putih telur dan mineral alami dari garam ternyata ampuh untuk menghilangkan uban. Caranya adalah dengan mencampur keduanya, namun pastikan putih telur tidak sampai berbusa. Jika dilakukan dengan teratur, masker putih telur dan garam juga bisa mengembalikan kekuatan rambut. 

6. Minyak Kemiri 

Minyak kemiri memiliki manfaat untuk menghitamkan rambut

Minyak kemiri memiliki manfaat untuk menghitamkan rambut. Di dalamnya terdapat nutrisi seperti asam linoleat, gliserida, protein, vitamin B1, dan vitamin E. Minyak kemiri didapat dari ekstraksi biji kemiri yang sudah disangrai. Agar lebih mudah, kamu dapat membeli minyak kemiri yang dijual dalam kemasan. Gunakan minyak kemiri sebagai kondisioner setelah mencuci rambut dengan bersih kemudian bilas. 

7. Minyak Kelapa dan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memberikan nutrisi rambut

Gabungan minyak kelapa dan jeruk nipis memberikan sejumlah nutrisi seperti asam laurat yang memberi asupan protein pada rambut serta vitamin C yang menjadikan rambut lebih sehat. 

Cara menghilangkan uban secara alami menggunakan minyak kelapa dan jeruk nipis adalah dengan mengoleskannya ke kepala seperti masker rambut. Diamkan selama 10 – 15 menit lalu bilas bersih menggunakan air .

8. Minyak Wijen 

Minyak wijen memiliki antioksidan yang tinggi

Selain minyak kelapa dan minyak kemiri, minyak wijen juga memiliki antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan rambut. Vitamin E, vitamin B, magnesium, dan kalsium yang ada pada minyak wijen menutrisi rambut sehingga mengembalikannya ke kondisi semula. Penggunaan minyak wijen cocok untuk kamu yang terlanjur memiliki banyak uban. 

9. Biji Pepaya

Biji pepaya dapat membuat rambut sehat dan kembali ke warna semula

Apakah kamu tahu kala biji pepaya baik untuk rambut? Ternyata, jika disangrai dan ditumbuk hingga mengeluarkan minyak. Biji pepaya mengandung tannic acid, alkaloid, dan vitamin A yang tinggi sehingga membuat rambut menjadi sehat dan kembali ke warna semula.

Saat ini, belum banyak yang menjual minyak biji pepaya dalam kemasan, tetapi kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah. Agar mudah diaplikasikan, campurkan hasil biji pepaya yang sudah ditumbuk dengan minyak kelapa. Gunakan sebagai masker satu kali dalam seminggu dan ulang setiap minggu untuk mendapatkan hasil yang terbaik. 

10. Kopi dan Yoghurt

Yoghurt yang tinggi kalsium dan nutrisi dapat membantu melembutkan rambut

Ada ampas kopi tidak terpakai di rumah? Kamu bisa memanfaatkannya untuk pewarna alami rambut, lo! Campurkan dengan yoghurt agar mudah diaplikasikan ke rambut. Selain itu, yoghurt yang tinggi kalsium dan nutrisi juga bisa membantu melembutkan rambut. 

Masker rambut dengan campuran keduanya selama kurang lebih 20 menit lalu bilas. Perlu diingat, kopi yang dipakai adalah kopi murni tanpa gula dan yoghurt tidak memiliki rasa apa pun. 

Cara menghilangkan uban secara alami tersebut dijamin aman dan sehat selama tidak terjadi reaksi alergi. Sebaiknya, coba salah satu masker selama beberapa minggu untuk melihat efeknya pada rambutmu. Jika kurang efektif, kamu bisa mencoba cara lainnya. Selamat mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *