Ketombe sering jadi indikasi tidak sehatnya kulit kepala rambut. Penyebabnya pun beragam seperti infeksi rambut, kulit kepala kering, dan penggunaan produk rambut yang salah. Meski terdengar remeh, adanya ketombe bisa sangat mengganggu. Sebab, sering kali ketombe terlihat dari jauh dan merusak penampilan, berjatuhan ke atas baju, bahkan menimbulkan rasa gatal yang tidak nyaman. Kalau kamu adalah salah satu yang mengalami masalah ketombe, berikut adalah cara menghilangkan ketombe yang ada di bawah ini;

1. Cuci Rambut Secara Rutin 

Cuci rambut secara rutin dapat mengurangi ketombe

Ketombe bisa disebabkan oleh rambut yang tidak bersih secara maksimal. Coba lihat lagi jadwal keramasmu, apakah sudah cocok dengan tipe rambut yang kamu miliki? Biasanya, rambut dengan karakteristik tebal atau mengembang perlu frekuensi keramas yang lebih sering karena rambut mudah menangkap kotoran. Selain itu, keramas setiap hari juga harus dipertimbangkan jika kamu sering berada di luar ruangan.

2. Gunakan Sampo Anti Lemak 

Sampo anti lemak untuk mengurangi produksi sebum berlebih

Sebagian orang memiliki rambut yang lebih berminyak. Ini disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih. Jika dibiarkan, sebum tersebut bisa menumpuk di kulit kepala dan menjadi ketombe. Kamu bisa menggunakan sampo anti lemak untuk mengatasinya. Biasanya, sampo anti lemak memiliki bahan aktif seperti mint, teh hijau, atau lemon.

3. Oleskan Minyak Kelapa 

Minyak kelapa memiliki sifat antijamur dan antimikroba

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya adalah menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki sifat antijamur dan antimikroba. Jika ketombe kamu disebabkan oleh infeksi jamur, menggunakan minyak kelapa bisa jadi salah satu cara mengatasi ketombe membandel. 

Caranya cukup mudah, oleskan minyak kelapa ke kulit kepala setiap habis keramas lalu bilas bersih. Jika dilakukan dengan rutin, kulit kepala akan bersih dari jamur dan kulit yang mengelupas. 

4. Menggunakan Lidah Buaya 

Lidah buaya mengandung asam amino

Asam amino yang terdapat di dalam lidah buaya dipercaya bisa jadi salah satu cara menghilangkan ketombe. Selain itu, lidah buaya atau Aloe vera bersifat antioksidan sehingga bisa membantu menyehatkan rambut. 

Meski sekarang sudah banyak gel lidah buaya di jual dalam kemasan, kamu bisa langsung menggunakan gel lidah buaya asli ke kulit kepala untuk mendapatkan manfaatnya. Lidah buaya juga menjadi salah satu masker rambut alami yang bermanfaat banget buat rambut kamu loh!

5. Daun Sirsak 

Daun sirsak selama ini digunakan sebagai obat khususnya ketombe

Daun sirsak selama ini digunakan sebagai obat berbagai masalah tubuh, salah satunya adalah ketombe. Di dalamnya terdapat acetogenin yang bisa memperbaiki sel-sel yang rusak di kulit kepala. Untuk merasakan khasiatnya, kamu bisa menumbuk beberapa helai daun sirsak dan mencampurnya dengan sedikit air. Jika sudah bertekstur seperti masker, oleskan ke kulit kepala secara menyeluruh. Tunggu selama 15 – 20 menit agar khasiatnya meresap, lalu bilas sampai bersih. 

6. Jeruk Nipis 

Jeruk nipis kaya akan asam sitrat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, protein, kalsium, asam folat, zat besi, kalium, dan seng piriton yang terkenal baik untuk kesehatan kulit kepala. Selain itu, jeruk nipis juga bersifat antioksidan. Mengoleskan langsung jeruk nipis ke rambut dan kulit kepala juga bisa membersihkannya secara menyeluruh sehingga menghempaskan ketombe yang menumpuk. 

7. Minyak Zaitun 

Minyak zaitun membawa banyak manfaat rambut

Kaya akan vitamin E dan senyawa polifenol, minyak zaitun membawa banyak manfaat untuk rambut. Cara mengatasi ketombe dengan menggunakan minyak zaitun adalah dengan mengoleskannya seperti kondisioner setiap habis keramas. Selain menghilangkan ketombe, minyak zaitun juga bisa menambah kilau rambut kamu!

8. Minyak Almond 

Minyak almond memiliki kandungan yang bekerja memperbaiki rambut

Minyak almond memiliki vitamin E, protein, asam linoleat, dan asam oleat. Kandungan tersebut bekerja di tingkat sel untuk memperbaiki kondisi rambut yang berketombe. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker atau sebagai kondisioner setelah mencuci rambut. Bonusnya, rambut akan terasa lebih lembut dan mudah diatur. 

9. Minyak Kemiri 

Minyak kemiri sudah lama digunakan sebagai penyubur rambut

Minyak kemiri sudah lama digunakan sebagai penyubur rambut dan membuatnya menjadi lebih hitam berkilau. Di dalamnya, terdapat vitamin E, gliserida, protein, serta asam linoleat yang baik untuk sel-sel kulit kepala dan rambut. 

Jadi, kamu bisa mendapatkan rambut indah dan sehat tanpa ketombe dengan menggunakan minyak kemiri secara rutin. Saat ini, sudah banyak minyak kemiri yang dijual dalam kemasan serta tidak memiliki aroma yang menyengat. 

10. Cuka

Cuka baik untuk mengusir ketombe

Asam asetat yang terbentuk saat pembuatan cuka ternyata baik untuk mengusir ketombe. Walaupun aromanya agak tajam, memakai cuka putih atau cuka apel adalah salah satu cara mengatasi ketombe yang cukup efektif.

Setiap habis keramas, semprotkan cairan cuka yang sudah dicampur dengan air dengan perbandingan 1 : 1. Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Jika aroma masih menempel, kamu bisa menambah kondisioner dan membilasnya lagi. Sebaiknya gunakan cuka apel yang bisa menyeimbangkan kadar pH di kulit kepala kamu.

Nah, bagaimana, apakah kamu mau mencoba cara mengatasi ketombe di atas? Pastikan kamu menggunakannya secara rutin untuk benar-benar melihat hasilnya, ya. Selain itu, gunakan juga sampo dan produk lain yang sesuai dengan jenis rambutmu agar kondisi rambut tetap terjaga. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *