Begini Loh Atasi Rambut Kusut Dengan 9 Cara Simpel Ini

Memiliki rambut panjang yang lembut, halus, dan mudah diatur menjadi dambaan bagi semua wanita. Sayangnya semakin panjang rambut, masalah baru biasanya timbul, seperti rambut lebih gampang kusut. 

Daripada menyelesaikan masalah rambut kusut dengan mengkucir kuda atau mencepolnya, lebih baik kamu mulai melakukan langkah-langkah di bawah ini. Cara mengatasi rambut kusut berikut ini dijamin bakal bikin rambutmu lebih lemas, lembut, dan mudah diatur.

Penyebab Rambut Kusut dan Kering

Ada beberapa hal yang memicu rambut menjadi kusut dan rusak. Sering berada di luar ruangan dengan paparan sinar matahari secara langsung adalah salah satu faktor yang membuat rambut kusam dan kering. 

Panas yang diterima rambut kamu, baik karena sinar matahari, keramas dengan air hangat, atau alat styling seperti hair dryer atau catokan, bisa merusak tiga lapisan rambut yaitu kutikula, korteks, dan medulla. 

Terlalu sering keramas juga bisa mengurangi tingkat kelembapan rambut dan mengurangi minyak alami pada rambut. Berikut beberapa langkah untuk meningkatkan kelembapan rambut sehingga rambut tidak kering dan lebih mudah diatur.

Tips Mengatasi Rambut Kusut

1. Sisir Rambut Sebelum Keramas

Beberapa orang mencuci rambut dua atau tiga kali dalam seminggu. Ada juga yang setiap hari. Nah, banyak wanita melupakan satu step penting sebelum keramas, yaitu menyisir rambut terlebih dahulu. 

Manfaat menyisir rambut sebelum keramas adalah untuk menghilangkan rambut kusut sehingga rambut patah atau penyebab rambut rontok bisa diminimalisir. Kebiasaan ini juga mampu membuat rambut lebih lembut dan halus.

2. Gunakan Sisir yang Tepat

Memilih sisir yang sesuai dengan jenis rambut kering juga penting dalam mengatasi rambut kusut. Jenis sisir yang dianjurkan adalah cushion hair brush, paddle brush, dan detangler brush khusus. Jenis sisir ini lebih ramah dan lembut untuk rambut yang rapuh.

Kepala sisir tersebut mampu memperlancar aliran sirkulasi darah pada kepala. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah menyisir mulai dari akar hingga ujung rambut. 

3. Terlalu Sering Menyisir Rambut

Sering kali wanita mengatasi rambut kusut dengan cara menyisirnya sesering mungkin. Sayangnya, cara ini malah tidak tepat. Menyisir rambut terlalu sering mengakibatkan kutikel rambut jadi berkerut dan rusak.

Juga, jangan menyisir rambut dalam keadaan basah. Hal ini dikarenakan rambut akan lebih mudah patah saat disisir.

4. Jangan Menggosok Rambut dengan Handuk

Selesai keramas, jangan mengeringkan rambut dengan cara menggosok secara kasar menggunakan handuk. Kebiasaan menggosok rambut dengan handuk bisa membuat kutikula jadi rusak.

Sebaiknya, tepuk lembut rambut dengan handuk. Kamu tidak perlu menekan, cukup tepuk perlahan dan biarkan kering secara alami.

5. Keramas Dengan Benar

Mencuci rambut dengan benar bisa jadi langkah mengatasi rambut kusut kamu. Oleskan busa sampo secara menyeluruh, kemudian pijat kulit kepala dari dahi hingga daerah tengkuk. 

Namun, jangan menekan kulit kepala terlalu keras. Sebaiknya, membilas rambut menggunakan air dingin untuk menutup kutikula. Keramas dengan air hangat malah membuat rambut semakin kering.

6. Trim Rambut Secara Berkala

Memotong sedikit ujung rambut secara berkala ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menghilangkan ujung rambut yang bercabang. Ujung rambut bercabang adalah penyebab rambut kusut dan mudah rusak.

Manfaat lain adalah kebiasaan ini bisa menjaga keindahan rambut panjangmu. Dengan memotong ujung rambut secara rutin, rambutmu akan tumbuh panjang lebih kuat dan sehat.

Baca juga:

7. Selalu Gunakan Conditioner

Kalau kamu tidak pernah mengaplikasikan conditioner setelah keramas, sebaiknya mulai sekarang tambahkan produk ini dalam kegiatan mencuci rambutmu. Conditioner dapat menutrisi rambut sehingga lebih lemas, lembut, dan mudah diatur. Ratakan conditioner di seluruh helai rambut tapi tidak di kulit kepala. Setelahnya, bilas dengan air dingin.

8. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Alat Styling

Untuk mengembalikan kesehatan rambutmu, tinggalkan dulu kebiasaan menggunakan alat styling rambut. Penggunaan hair dryer, catokan, atau pengeriting rambut bisa merusak kutikula dan membuat rambut menjadi kering dan bercabang. Sebaiknya gunakan hair mist, conditioning spray, atau vitamin untuk menata rambutmu. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Vitamin Rambut yang Bagus Jaga Rambutmu

Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Langkah jitu mengatasi rambut kusut berikutnya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Cukup banyak bahan alami kaya nutrisi dan vitamin yang sangat bagus untuk dijadikan masker rambut.

Beberapa bahan yang bagus untuk rambut kusut adalah madu, minyak zaitun, minyak kelapa, cuka apel, alpokat, telur, yoghurt, pisang, dan santan kelapa. Caranya dengan mengaplikasikan bahan-bahan tadi ke seluruh rambut dan diamkan selama beberapa saat sebelum keramas.

Itu tadi beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut kusut. Agar hasil maksimal, jangan malas untuk melakukan tips di atas ya. 

Related posts

9 Cara Mengatasi Rambut Rusak Karena Bleaching Dengan Mudah dan Murah

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Sulah/Botak Dengan Cepat dan Ampuh

Ga Susah Kok! Ini 9 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kusam