Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Sulah/Botak Dengan Cepat dan Ampuh

Sulah atau rambut jarang biasanya diawali dengan masalah rambut rontok. Masalah rambut ini biasanya dialami seiring dengan bertambahnya usia. Sulah atau kebotakan dalam istilah medis disebut androgenetic alopecia dan bisa terjadi pada pria dan wanita. Cara ekspres yang biasanya dipilih untuk mengatasi masalah ini adalah dengan transplantasi rambut.

Namun sebenarnya kamu gak perlu melakukan tindakan tersebut karena ada beberapa cara ampuh dan cepat untuk membuat rambut kamu kembali lebat. Apa saja cara mengatasi rambut sulah? Simak terus ya.

Penyebab Kebotakan

Faktanya, ada sekitar 100 helai rambut yang rontok setiap harinya. Namun hal tersebut tidak memicu terjadinya kebotakan karena rambut baru tumbuh di saat bersamaan. Yang menyebabkan sulah adalah ketika pertumbuhan rambut baru tadi terhambat atau terganggu atau folikel rambut rusak.

Beberapa faktor yang memicu kondisi ini adalah faktor genetik, perubahan hormon, stres berat, salah memillih sampo atau produk perawatan rambut, pasca pemulihan operasi, efek samping obat, hingga terapi radiasi atau kemoterapi. 

Cara Mengatasi Kebotakan Dini

Tidak perlu stres karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi rambut sulah.

1. Memberikan Stimulan pada Kulit Kepala

Agar proses pertumbuhan rambut kembali normal, lakukan stimulan pada kulit kepala. Caranya dengan memijat kulit kepala menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun secara rutin untuk merangsang sirkulasi.

Selain memijat kepala, kamu juga bisa menyikat kepala mulai dari akar hingga ujung rambut menggunakan sikat lembut sebanyak lima puluh kali. Lakukan gerakan ini dengan arah yang sama.

2. Mengoleskan Minyak Esensial

Sebuah studi telah membuktikan bahwa mengoleskan minyak esensial ke rambut mampu meningkatkan ketebalan rambut hingga 40 persen. Kamu bisa meneteskan minyak biji labu ke dalam sampo atau mencampurnya dengan minyak jojoba.

Selain minyak biji labu, minyak rosemary dan peppermint juga efektif sebagai cara mengatasi rambut sulah. Namun jangan pernah meneteskan minyak esensial secara langsung ke kulit kepala. Untuk penggunaannya, kamu bisa memcampurnya dengan sampo atau mencampurnya dengan minyak lain seperti minyak kelapa atau minyak bunga matahari.

3. Membuat Masker Telur

Nutrisi dalam telur sangat baik untuk menumbuhkan rambutmu yang menipis. Caranya adalah dengan membuat masker telur. Kocok satu butir telur dan satu sendok minyak zaitun. Setelah tercampur sempurna, aplikasikan masker ini ke rambut secara merata. 

Setelahnya, biarkan selama minimal dua puluh menit. Setelah itu cuci rambut menggunakan sampo dan air dingin. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini satu hingga dua kali dalam seminggu.

Baca juga: 10 Masker Rambut Alami untuk Masalah Rambut Kamu

4. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Rambut

Cara mengatasi rambut sulah juga harus dilakukan dari dalam. Ada beberapa vitamin rambut dan gizi yang perlu kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Beberapa nutrisi tadi adalah vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, protein, biotin, zat besi, asam lemak omega-6, dan asam lemak omega-3.

Kandungan-kandungan tadi bisa kamu dapatkan dari susu, telur, daging, ikan salmon, buah-buahan, gandum utuh, yogurt, dan kacang kedelai. 

5. Memanfaatkan Bawang Merah

Bawang merah sangat baik untuk merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala. Kandungan sulfur tinggi pada bawang merah mampu menstimulasi pertumbuhan rambut dan menjadi agen anti-bakteri yang dapat mengobati kebotakan.

Caranya adalah dengan menghaluskan satu siung bawah merah dan usapkan secara merata di bagian kulit kepala yang menipis atau botak. 

6. Mengoleskan Minyak Zaitun

Bahan alami lain yang bisa digunakan adalah minyak zaitun. Minyak zaitun kaya vitamin E dan K. Kandungan ini membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut rontok.

Selain itu, minyak zaitun juga bisa membuat rambut kalian lebih sehat karena minyak ini mampu menenangkan kulit kepala, menebalkan rambut, dan membuat rambut lebih halus.

7. Mengoleskan Daun Seledri

Seledri adalah bahan alami selanjutnya yang bisa memicu pertumbuhan rambut. Daun seledri mengandung vitamin A, B, kalsium, dan mineral natrium yang dapat menumbuhkan rambut botak. 

Ambil beberapa helai seledri segar, bersihkan, lalu haluskan dengan cara menumbuk atau memblendernya dengan sedikit air. Oleskan campuran ini ke rambut dari akar hingga ujung rambut secara merata. Diamkan selama 45 menit hingga satu jam sebelum mencuci rambut dengan sampo. 

8. Pilih Sampo untuk Menumbuhkan Rambut

Secara umum sampo digunakan untuk membersihkan kotoran dan keringat dari kulit kepala dan rambut. Namun, ada beberapa sampo yang memiliki fungsi menumbuhkan rambut. Carilah produkro yang aman buat rambut. Kamu bisa browsing di internet untuk mendapatkan beberapa rekomendasi sampo penumbuh rambut terbaik.

9. Jangan Stres

Seperti sudah disinggung di atas, stres menjadi pemicu kebotakan. Hal ini karena meningkatnya hormon kortisol yang perlahan dapat membunuh rambut baru yang tumbuh di folikel rambut. 

Untuk mengatasinya, lakukan hal menyenangkan di sela kesibukanmu. Luangkan waktu untuk berolahraga, meditasi, dan liburan. Selain itu, pastikan juga kamu memiliki tidur yang cukup.

Itu tadi beberapa cara mengatasi rambut sulah yang bisa kamu lakukan. Selama kamu rajin melakukan perawatan di atas, kebotakan akan segera hilang. Semoga bermanfaat!

Related posts

Mudah dan Ampuh! 9 Cara Mengatasi Rambut Cepat Lepek

9 Cara Mengatasi Rambut Rusak Karena Bleaching Dengan Mudah dan Murah

Ga Susah Kok! Ini 9 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kusam