9 Cara Mengatasi Rambut Rusak Karena Bleaching Dengan Mudah dan Murah

Bagi kamu yang sering bergonta-ganti warna rambut pastinya cukup familiar dengan istilah bleaching. Bleaching merupakan proses melunturkan pigmen warna rambut. Bleaching cukup merusak kutikula pelindung batang rambut karena bahan kimia keras yang terkandung di dalamnya.  Walaupun begitu, bleaching tetap dilakukan agar hasil proses pewarnaan sempurna. Nah supaya rambut kamu tetap sehat, ikuti beberapa cara mengatasi rambut rusak karena bleaching di bawah ini.

1. Memilih Sampo dan Conditioner Khusus Rambut yang Diwarna

Saat ini cukup banyak variasi sampo dan produk perawatan rambut lainnya yang memang dikhususkan untuk beberapa jenis rambut tertentu. Sampo untuk rambut setelah bleaching atau pewarnaan pun tersedia. 

Sampo-sampo ini memiliki kandungan khusus yang bisa menjaga kelembutan, kekuatan, dan kelembapan rambut setelah melalui proses bleaching.

2. Gunakan Masker Rambut dan Hair Oil

Karena kamu cukup berani melakukan bleaching pada rambut, maka kamu pun harus cukup berani merawatnya. Perawatan rambut yang harus kamu tambahkan adalah rutin menggunakan masker rambut dan hair oil seperti argan oil.

Gunakan masker rambut minimal dua kali dalam seminggu. Setelahnya, aplikasikan argan oil. Masker rambut dan hair oil mampu menutrisi kembali rambutmu.

3. Kurangi Penggunaan Alat Styling

Karena rambutmu sudah melalui proses yang cukup merusak lapisan rambut, jangan menambah kerusakan rambutmu dengan penggunaan alat styling seperti catokan, hair dryer, atau pengeriting rambut. Panas dari alat-alat tadi akan membuat rambutmu semakin kering dan rapuh. Kalau pun kalian harus menggunakan alat-alat tadi, paling tidak gunakan dulu heat protector spray pada rambutmu.

4. Pilih Gaya Rambut Bebas Alat Styling

Untuk menghindari penggunaan alat styling, sebaiknya pilih gaya rambut yang tidak membutuhkan catokan, hairdryer, atau pengriting rambut. Kamu cukup menggerai rambutmu atau menatanya dengan gaya sesederhana mungkin. Atau, kamu bisa menggunakan alat styling yang tidak berbahaya seperti rol atau jedai. Rambut berwarnamu akan tetap tampil mempesona.

5. Masker Pisang

Selain membeli masker rambut yang ada di pasaran, kamu juga bisa memanfaatkan masker bahan alami sebagai cara mengatasi rambut rusak karena bleaching. Salah satunya adalah pisang. Pisang mampu memperkuat akar rambut, menjaga kesehatan kulit kepala, dan mengurangi kerusakan pada rambut.

Caranya cukup mudah. Hancurkan satu buah pisang yang sudah dikupas hingga berbentuk pasta. Campurkan dengan satu sendok madu, kemudian oleskan secara merata ke seluruh rambut mulai dari akar. Diamkan selama dua puluh menit dan keramas. Gunakan masker pisang ini satu atau dua kali dalam seminggu.

6. Oleskan Minyak Zaitun

Bahan alami lain yang bisa kamu manfaatkan adalah minyak zaitun. Minyak ini mengandung protein, antioksidan, dan antimikroba yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Menggunakan minyak zaitun secara teratur juga mampu memperkuat folikel rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Caranya cukup mudah. Cukup hangatkan sedikit minyak zaitun dan diamkan beberapa saat hingga dingin. Kemudian, oleskan pada kulit kepala dan juga seluruh rambut secara merata sambil pijat secara perlahan. Diamkan beberapa saat kemudian cuci rambut dengan sampo.

7. Masker Alpokat

Alpokat kaya akan nutrisi untuk rambut seperti kandungan antioksidan, lemak sehat, zinc, protein, folat, biotin, vitamin C dan E. Nutrisi tersebut mampu menjaga rambutmu tetap sehat, lembab, berkilau, dan kuat.

Caranya adalah dengan menghaluskan satu buah alpokat yang sudah dikupas. Campur dengan satu sendok madu dan minyak kelapa. Kemudian, oleskan secara merata di kulit kepala dan rambut. Diamkan selama beberapa saat agar kandungan dalam alpokat meresap secara sempurna. Setelahnya keramas.

8. Kurangi Keramas

Setelah proses bleaching, sebaiknya jangan terlalu sering keramas. Proses bleaching membuat rambut lebih kering dan rapuh dan sering-sering keramas akan menghilangkan minyak alami rambut sehingga kondisi kering akan semakin parah.

Cuci rambut maksimal dua atau tiga kali seminggu. Kalau kamu terbiasa mencuci rambut setiap hari, maka carilah sampo dengan kandungan SLS dan SLES yang bisa mempertahankan kelembapan rambut.

9. Perbanyak Minum Air Putih

Apakah rajin minum air putih bisa jadi cara mengatasi rambut rusak karena bleaching? Ya, tentu saja. Dengan asupan air putih yang cukup, vitalitas dan akar rambutmu semakin kuat. Air yang kamu minum tadi akan diserap oleh akar rambut. Hal tersebut tentu sangat dibutuhkan untuk menjaga kelembapan rambut dan membuat rambut semakin kuat.

Itu tadi sembilan cara mengatasi rambut rusak karena bleaching yang mudah dan sederhana. Cara-cara tadi bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Jangan malas merawat rambutmu ya supaya selain terlihat cantik dengan warna baru, rambutmu pun tetap kuat dan sehat. 

Related posts

Mudah dan Ampuh! 9 Cara Mengatasi Rambut Cepat Lepek

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Sulah/Botak Dengan Cepat dan Ampuh

Ga Susah Kok! Ini 9 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kusam