Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah yang Sudah Membandel

Bopeng merupakan salah satu jenis bekas jerawat yang cukup dalam pada kulit. Biasanya, bekas jerawat yang satu ini tidak dapat hilang dengan sendirinya. Artinya, kamu harus mengetahui cara menghilangkan bopeng di wajah agar dapat tampil percaya diri.

Jika kamu memiliki bopeng (bekas luka yang tampak cekung, seperti lekukan atau lubang kulit), maka kulit bagian dalam wajahmu mengalami kerusakan. Hal tersebut dapat terjadi karena kamu mungkin memencet jerawat yang muncul. Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara menghilangkannya.

8 Rekomendasi Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah dengan Cepat

Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan di rumah untuk menghilangkan bopeng di wajah secara cepat dan efektif.

Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya yang sangat terkenal karena ampuh mengatasi masalah rambut ini ternyata juga cocok digunakan sebagai solusi bopeng karena jerawat. Caranya, kupaslah kulit lidah buaya tersebut lalu oleskan cairan tersebut pada bagian yang bopeng. Kemudian, diamkan selama 30-50 menit hingga cairan tersebut mengering dan bilaslah menggunakan air bersih.

Menggunakan jeruk nipis dan madu

Cara yang lainnya adalah dengan mencampurkan jeruk nipis dan madu agar bopeng di wajah dapat berangsur menghilang dengan cepat. Cara yang harus kamu lakukan cukuplah mudah, yaitu satu sendok makan madu dicampurkan dengan satu sendok perasan air jeruk nipis. Oleskan keduanya pada wajah dan diamkan sekitar 20-30 menit untuk kemudian bilas dengan air bersih.

Memijat wajah

Siapa sangka bahwa memijat wajah ternyata dapat menghilangkan bopeng dengan sangat mudah. Hal ini dinilai tidak memberikan efek yang nyata dan langsung, tetapi pemijatan di wajah dinilai mampu mengurangi jerawat yang sangat merah serta meningkatkan sirkulasi kulit.

Menjaga kelembapan kulit

Menjaga kelembapan kulit juga termasuk salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bopeng di wajah. Langkah yang efektif untuk dilakukan adalah dengan memanfaatkan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak lavender, dan minyak jojoba. Hal ini karena jenis-jenis minyak di atas mengandung antioksidan yang dapat mempercepat penyembuhan luka.

Melakukan chemical peeling 

Cara menghilangkan bopeng di wajah selanjutnya adalah dengan melakukan chemical peeling. Prosedurnya adalah dengan mengoleskan larutan kimia di wajah agar jaringan parut dapat berkurang dan sel kulit mati terkelupas dengan sendirinya. Cairan kimia yang digunakan pun dapat berbeda-beda. Namun, bahan yang paling sering digunakan adalah asam salisilat dan asam glikolat.

Kedua jenis asam tersebut dipercaya mampu mengurangi jerawat, baik yang memerah ataupun yang tidak. Selain itu, penggunaan asam glikolat merupakan perawatan yang aman digunakan. Di samping itu, menggunakan asam salisilat pun memberikan keuntungan tambahan untuk memberikan efek memutihkan pada kulit.

Menggunakan krim penghilang jerawat

Selain melakukan chemical peeling, jika kamu ingin terbebas dari bopeng yang membandel, maka rutinlah untuk mengaplikasikan krim penghilang bekas jerawat. Krim penghilang bekas jerawat tersebut bisa kamu dapatkan tanpa perlu pergi ke klinik kecantikan, sehingga hal tersebut dapat lebih memudahkan.

Cara kerja yang dimiliki oleh krim ini sangatlah sederhana, yaitu mengurangi gatal dan juga melembapkan kulit wajah. Akan tetapi, jika kamu menginginkan hasil yang maksimal, maka penggunaannya pun harus dilakukan secara optimal. Hal ini karena efek yang diberikan tidak dapat bekerja secara efektif jika tidak rutin digunakan.

Dermabrasi

Salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat adalah melakukan dermabrasi. Dermabrasi ini merupakan hal yang harus dilakukan oleh ahlinya untuk mengangkat lapisan kulit yang lebih dalam. Perawatan ini juga dinilai mampu meratakan tekstur kulit wajah sehingga kulit akan terasa lebih cerah dan bersih.

Dalam prosesnya, dermabrasi akan menumbuhkan lapisan baru kulit yang lebih halus. Tujuannya adalah untuk menggantikan kulit yang rusak akibat bopeng. Untuk mengurangi rasa sakit, maka dokter akan melakukan bius lokal. Lama waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 10 hari sampai dengan tiga minggu untuk hasil yang diinginkan.

Laser resurfacing

Cara lainnya adalah dengan melakukan laser resurfacing agar bopeng bekas jerawat dapat hilang dan tidak mengganggu penampilan. Tujuan dari perawatan ini adalah untuk menghilangkan lapisan epidermis dan juga membuat lapisan tengah kulit menjadi lebih kencang. Keistimewaan dari perawatan yang satu ini adalah penyembuhannya yang lebih cepat dibandingkan dengan metode lain, sehingga banyak orang yang memilih opsi laser resurfacing.

Dermal filler

Rekomendasi lainnya untuk menghilangkan bopeng adalah dermal filler, yaitu prosedur suntik waja yang dapat mengangkat luka bopeng agar ketinggiannya dapat merata dengan kulit yang aslinya. Meskipun hasilnya hanya sementara, tetapi metode ini dapat bertahan hingga beberapa tahun.

Cara menghilangkan bopeng di wajah yang sudah disebutkan di atas tentu dapat kamu praktikkan di rumah dan juga di klinik kecantikan. Kamu dapat memilih opsi yang paling cocok sehingga hasil yang didapatkan pun sesuai dengan yang kamu inginkan. 

Related posts

Ini Dia 8 Cara Mengatasi Flek Hitam untuk Kulit Sensitif

Tips Memilih Facial Wash Untuk Kulit Sensitive dan Rekomendasi Terbaik

Apa Saja Pelembab Untuk Kulit Berminyak? Berikut Rekomendasinya!