Rambut yang kering dan rusak sering kali membuat frustrasi, terutama untuk para wanita. Rambut jadi sulit diatur dan tidak terlihat indah. Untuk menyiasatinya, sudah banyak produk rambut yang bisa kamu pakai—dari mulai sampo, kondisioner, masker, hingga serum rambut. 

Namun begitu, rambut juga perlu istirahat dari produk-produk semacam itu. Sesekali, gunakan juga bahan alami untuk merawat rambut. Mau tahu apa saja bahannya? Yuk, cek cara melembutkan rambut secara alami berikut ini.

Gunakan Madu 

Madu memiliki sifat antijamur dan antimikroba

Madu terkenal sebagai bahan super yang memiliki sifat antimikroba dan antijamur. Bukan hanya sehat dan enak dimakan, madu juga bisa kamu gunakan sebagai masker rambut. Cara melembutkan rambut menggunakan madu adalah dengan mengaplikasikannya ke rambut yang sudah dibersihkan. Setelah itu, bilas hingga madu tidak tersisa dan kamu bisa langsung merasakan perubahan kelembutan di rambutmu. 

Buat Pasta Alpukat

Alpukat dapat memperbaiki sel pada rambut

Vitamin B dan vitamin E pada alpukat akan memperbaiki sel pada rambut dan melindunginya dari kerusakan. Sementara itu, alpukat juga mengandung biotin yang berguna untuk mendorong pertumbuhan rambut. Masker alpukat ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki rambut kering dan rontok. 

Cara penggunaannya pun mudah, cukup lumatkan setengah buah alpukat dan campur dengan setengah cangkir susu. Gunakan sebagai masker setelah keramas, lalu bilas bersih. 

Masker Rambut Pisang

pisang memiliki kandungan yang pas untuk melembabkan rambut

Siapa sangka ternyata buah yang mudah ditemukan ini memiliki banyak khasiat untuk rambut? Pisang mengandung asam folat, vitamin B, kalium, dan kalsium yang tinggi. Semua kandungan tersebut merupakan kombinasi yang pas untuk melembapkan rambut, mencegah kerontokan, dan menjaga kilaunya.

Kamu bisa mencampur pisang yang sudah dilumatkan dengan susu, madu, atau telur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan setidaknya satu minggu sekali untuk menjaga kondisi rambut

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal sebagai minyak nabati yang sehat

Minyak zaitun memang dikenal sebagai minyak nabati yang sehat karena kandungan vitamin E dan antioksidannya yang tinggi. Jika digunakan untuk rambut, antioksidan bisa membuka folikel rambut sehingga helai rambut memiliki ruang untuk “bernapas”. Vitamin E yang ada dalam minyak zaitun juga bisa merevitalisasi kondisi rambut yang kering dan bercabang.

Cara melembutkan rambut dengan minyak zaitun pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakannya seperti kondisioner. Saat ini, sudah banyak minyak zaitun yang dikemas untuk keperluan kosmetik.

Kemiri

Kemiri mengandung banyak manfaat untuk rambut

Kemiri atau dalam bahasa latinnya Aleurites moluccana memang lebih sering dikenal sebagai bumbu rempah di Indonesia. Nyatanya, biji kemiri mengandung vitamin E, vitamin B1, protein, gliserida, dan asam linoleat yang bagus untuk pertumbuhan rambut. 

Kamu bisa membeli minyak kemiri yang sudah dikemas untuk mendapatkan manfaatnya. Karena harumnya sedikit menyengat, gunakan minyak kemiri sebagai masker rambut sebelum keramas. 

Masker Rambut Pepaya

Pepaya memiliki kandungan vitamin untuk melembutkan rambut

Pepaya memiliki kandungan vitamin E dan vitamin A yang bisa membantu melembutkan rambut. Cara menggunakannya adalah dengan melumatkan satu cangkir pepaya dan mencampurkannya dengan dua sendok makan yoghurt. Setelah keramas, oleskan campuran tersebut hingga menyeluruh lalu diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas bersih menggunakan kondisioner. 

Masker Rambut Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki efek melembutkan rambut

Lidah buaya dikenal juga dengan nama Aloe vera. Jika dibelah, daun lidah buaya memiliki tekstur seperti gel. Jika dilumatkan, gel tersebut bisa digunakan sebagai masker rambut dan memiliki efek melembapkan, melembutkan, dan menyehatkan rambut. Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai sampo. Namun, ingat untuk merendamnya sebelum pemakaian agar aroma daunnya sedikit berkurang.

Seledri

Seledri dipercaya untuk menambah kilau rambut

Tanaman hijau ini mengandung vitamin K dan vitamin C, serta mineral seperti kalsium dan kalium. Selain itu, seledri juga dipercaya bisa menambah kilau rambut sehingga warnanya menjadi lebih hitam. Tidak heran, seledri sering digunakan untuk menumbuhkan rambut pada anak-anak secara tradisional.

Cara melembutkan rambut dengan seledri adalah dengan menghaluskannya hingga lumat dan mengeluarkan sari berwarna hijau. Nah, sari tersebutlah yang digunakan sebagai masker rambut. Gunakan sebagai masker rambut secara rutin kalau kamu mau melihat hasilnya secara signifikan.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa berfungsi sebagai antimikroba

Orang tua zaman dahulu sering menggunakan minyak kelapa sebagai minyak rambut. Sebab, di dalamnya terdapat asam laurat yang berfungsi sebagai antimikroba. Jadi, masalah seperti rambut berketombe dan tidak sehat bisa teratasi.

Kamu bisa mengganti kondisioner dengan minyak kelapa setiap kali selesai keramas. Jika tidak terlalu suka dengan aromanya, cari minyak kelapa yang sudah ada dalam kemasan seperti virgin coconut oil atau VCO. Selain menjadi solusi untuk melembutkan rambut, minyak kelapa dapat dijadikan solusi juga untuk masalah rambut berketombe juga loh !

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Ketombe ini Wajib Kalian Coba Loh !

Teh Hijau

Teh hijau dapat menyehatkan dan melembutkan rambut

Kaya akan antioksidan, teh hijau bisa menyehatkan dan melembutkan rambut. Polifenol yang ada dalam teh hijau juga bisa merangsang pertumbuhan rambut baru. Untuk merasakan manfaat teh hijau, kamu bisa menyeduhnya dan menggunakan air rendaman teh sebagai masker rambut. 

Cara melembutkan rambut dengan bahan alami ternyata mudah dan tidak memerlukan biaya besar. Biasanya, perlu waktu 3 – 4 minggu untuk melihat hasil yang nyata. Jadi, lakukan dengan konsisten, ya!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *