Tiap wanita pasti ingin memiliki rambut yang lembut, halus, dan berkilau. Ini merupakan ciri-ciri rambut sehat. Memiliki rambut yang sehat juga dapat membuat penampilan lebih menarik. 

Nah, salah satu masalah yang umum terjadi pada rambut adalah terasa kering. Bukan hanya kasar saat disentuh, tetapi juga terlihat kaku saat digerai. Bagian ujung rambut biasanya terbelah sehingga pertumbuhannya terganggu. Lalu, bagaimana cara merawat rambut kering seperti itu? Beberapa tips berikut dapat kamu lakukan sendiri di rumah.

Memilih Shampo yang Tepat

Memilih shampo yang salah dapat menyebabkan rambut kering

Salah satu faktor yang menyebabkan rambut menjadi kering adalah produk perawatan rambut yang digunakan, terutama shampo. Dalam shampo terkandung berbagai bahan kimia yang bermanfaat untuk membuat rambut lebih sehat. 

Sayangnya, karena jenis kulit kepala berbeda-beda, shampo justru menjadi sumber masalah pada rambut. Shampo berbahan sulfat dan mengandung alkohol misalnya, dapat membuat rambut makin kering. Sebaiknya gunakan shampo yang mengandung sedikit deterjen.

Rajin Melakukan Perawatan Rambut

Perawatan rambut secara rutin akan mecegah rambut mengering

Agar rambut sehat, kamu harus rajin melakukan perawatan rambut. Bukan hanya keramas dengan sampo, tetapi juga melakukan creambath, mengoleskan masker rambut, dan menggunakan vitamin rambut secara rutin. Apalagi jika jenis rambut lebih kering, perawatan ekstra sangat diperlukan.

Tidak harus ke salon, kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Gunakan pula bahan-bahan alami untuk menghindari risiko rambut bertambah kering. Ada banyak bahan yang tersedia di sekitar dan mudah didapatkan, misalnya santan. Bahan ini dapat membantu membuat rambut berkilau dan lembut jika digunakan secara rutin.

Kurangi Penggunaan Catokan dan Hair Dryer

Menggunakan catokan dan hair dryer akan membuat rambutmu kering

Salah satu penyebab rambut kering adalah penggunaan alat-alat penata rambut seperti catokan dan hair dryer. Pasalnya, rambut terpapar panas yang tidak biasa melalui alat-alat ini. Hal tersebut otomatis membuat rambut mengalami kerusakan. Hasilnya, rambut terlihat kering dan kurang menarik.

Karena itu, sebaiknya lakukan cara alami untuk mengeringkan dan menata rambut. Setelah keramas, keringkan rambut dengan handuk yang lembut. Kemudian, biarkan helai-helai rambut bernafas dan kering secara alami selama beberapa waktu. Tips lain adalah mengaplikasikan heat protectant pada rambut sebelum kontak langsung dengan alat pengering rambut.

Pakai Hair Mask dengan Rutin

Hair mask mencegah rambut kering kamu

Cara merawat rambut kering yang efektif adalah menggunakan hair mask secara rutin. Biasanya, masker rambut ini bisa dilakukan di salon-salon. Namun, kamu pun dapat mencobanya sendiri di rumah asal memiliki bahan yang tepat untuk itu. 

Ada banyak bahan alami yang dapat membantu merawat rambut kering, di antaranya alpukat, minyak kelapa, dan lidah buaya. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dibalurkan ke rambut dan kulit kepala. Setelah menggunakan hair mask, diamkan selama beberapa waktu. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Jangan Keramas dengan Menggunakan Air Hangat

Keramas menggunakan air hangat menyebabkan dehidrasi

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat keramas adalah membilas rambut dengan air hangat. Menggunakan air hangat saat mandi memang dapat menghilangkan rasa stres dan membuat tubuh lebih relaks. 

Namun, hal ini ternyata ada dampaknya pada rambut. Air hangat dapat membuat minyak alami yang terdapat pada helai-helai rambut terkelupas. Akibatnya, rambut menjadi kering dan dehidrasi. Inilah awal kerusakan rambut yang sebenarnya dapat dihindari.

Sebaiknya gunakan air dingin untuk membilas rambut saat keramas. Kemudian, lanjutkan aktivitas mandi dengan air hangat. Cara ini akan membantu kamu untuk tetap menikmati waktu mandi.

Gunakan Vitamin Rambut

Vitamin rambut adalah salah satu alternatif perawatan rambut kering

Vitamin rambut sangat penting. Saat ini, kamu bisa membeli berbagai merek vitamin rambut yang bagus sehingga bisa diaplikasikan sendiri. Biasanya, vitamin rambut digunakan setelah keramas. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup dengan membalurkan cairan vitamin secara menyeluruh. Lalu, biarkan menyerap.

Vitamin rambut memiliki beragam kandungan. Supaya hasilnya sesuai dengan yang diinginkan, jangan lupa membaca informasi kandungannya dengan teliti. Jangan sampai, vitamin yang digunakan justru membuat rambut kering dan mengembang.

Minum Air Putih yang Banyak

Cara yang paling mudah adalah meminum air putih yang banyak

Perawatan rambut kering juga harus dilakukan dari dalam. Salah satu yang berpengaruh adalah konsumsi air minum yang cukup. Air yang diminum akan masuk ke dalam tubuh dan digunakan untuk mencukupi kebutuhan cairan di seluruh bagian tubuh, termasuk rambut.

Jumlah kebutuhan air minum sekitar 8 gelas per hari. Jika kurang, bukan hanya dapat menyebabkan masalah kesehatan, tetapi juga pada penampilan. Rambut menjadi lebih kering dan tidak bagus.

Rajin Menggunting Rambut

Rambut yang bercabang menyebabkan rambut tidak tumbuh normal

Rambut kering biasanya ujung-ujungnya bercabang. Akibatnya, rambut tidak bisa tumbuh dengan normal. Untuk mengatasinya, kamu harus rajin menggunting rambut, terutama pada bagian ujung. Cara ini akan membantu rambut dapat kembali tumbuh dengan baik.

Nah, inilah sejumlah cara merawat rambut kering yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Asal rajin melakukan beberapa tips ini, rambut kering pasti bisa diatasi. Jadi, dapatkan penampilan terbaikmu dengan perawatan rutin setiap hari.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *