Memiliki rambut yang sehat dan kuat adalah impian setiap wanita. Itulah mengapa banyak produk komersial ditujukan untuk merawat rambut seperti sampo, masker, kondisioner, dan serum rambut. Namun, sering kali, produk yang mengandung bahan kimia hanya memberikan efek jangka pendek. Kalau residu bahan kimia tersebut menumpuk di rambut, masalah rambut seperti ketombe dan rambut kering bisa muncul sewaktu-waktu. 

Nah, sesekali, rambut perlu dirawat menggunakan masker berbahan alami untuk mengembalikan kesegarannya. Ternyata, bahan-bahannya tidak sulit, lo! Berikut adalah masker rambut alami yang bisa Kamu coba di rumah.

Masker Lemon & Minyak Zaitun 

Minyak zaitun tinggi akan kandungan vitamin

Minyak zaitun terkenal tinggi akan kandungan vitamin E dan vitamin K, serta dilengkapi dengan lemak alami sehingga bagus untuk menambah kelembapan rambut. Sementara itu, lemon membersihkan rambut secara menyeluruh untuk menghilangkan residu bahan kimia yang ada di folikel rambut.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Cukup campurkan minyak zaitun, perasan lemon, dan sedikit air. Masker rambut secara menyeluruh dan diamkan. Setelah itu bilas dan keramas seperti biasa. Kamu akan merasakan rambut yang lebih lembut dan bersih. 

Masker Kuning Telur 

Kuning telur mengandung protein yang tinggi untuk rambut

Masker kuning telur? Pastinya Kamu membayangkan bau amis yang identik dengan telur, ya. Nyatanya, kuning telur mengandung protein yang tinggi, kalium, serta vitamin A dan vitamin B12 yang bisa melembapkan rambut, memperbaiki rambut rusak, serta menjadi salah satu cara ampuh sebagai cara menumbuhkan rambut baru. 

Agar tidak terlalu amis, campur satu kuning telur dengan satu cangkir susu, dua sendok makan minyak zaitun, dan perasan air lemon. Setelah didiamkan beberapa menit di rambut, bilas hingga semua sisa masker hilang. 

Masker Rambut Pisang 

Dengan kandungan vitamin E dan vitamin C yang tinggi, pisang bisa menambah kilau rambut dan membuatnya lebih lembap terutama bagi Kamu yang sering menggunakan pemanas seperti pengering rambut dan alat catok. 

Untuk mendapatkan manfaat masker rambut alami ini, campur dua buah pisang matang dengan minyak kelapa dan madu. Setelah mendapatkan tekstur seperti masker, oleskan secara menyeluruh ke rambut. Diamkan selama lima menit lalu bilas rambut secara menyeluruh.  

Masker Rambut Alpukat 

Alpukat mengandung banyak vitamin

Alpukat sudah lama digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan karena kandungannya yang kaya akan protein, vitamin E, dan mineral. Kandungan tersebut bisa mengembalikan cahaya rambut yang kusam dan kering karena tidak terawat. 

Teksturnya yang lembut membuat alpukat mudah diaplikasikan. Caranya adalah dengan menghaluskan setengah buah alpukat, lalu campur dengan setengah cangkir susu dan dua sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan seperti masker rambut kemudian bilas bersih. 

Baca Juga : Bisa Sendiri Kok ! Simak Cara Merawat Rambut Kering Kamu

Masker Rambut Yoghurt 

Yoghurt mengandung banyak nutrisi

Berbahan dasar susu, yoghurt mengandung nutrisi seperti kalsium, vitamin D, kalium, dan protein. Nutrisi tersebut dibutuhkan rambut untuk membuat akarnya kuat, tidak mudah kusut, dan berkilau. Penggunaan yoghurt terbaik adalah dengan mencampurnya dengan madu. Pastikan juga Kamu menggunakan yoghurt tanpa rasa atau plain. Diamkan selama kurang lebih 20 menit sebelum membilasnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Masker Rambut Stroberi 

Stroberi mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi

Buah berwarna segar ini ternyata bukan hanya nikmat untuk dimakan, tetapi juga bermanfaat untuk rambut. Kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi menambah kilau rambut serta mencegah uban. 

Sesekali, Kamu bisa menggunakan stroberi sebagai masker rambut alami setelah keramas. Caranya adalah dengan melumatkannya bersama minyak kelapa dan madu. Kemudian bilas rambut dengan bersih setelah mendiamkan masker selama setidaknya 15 menit. 

Teh Hitam

Teh hitam mengandung antioksidan yang tinggi

Teh hitam terkenal akan antioksidannya yang tinggi sehingga bagus untuk mencegah kerapuhan dan rontok pada rambut. Selain itu, warnanya yang pekat bisa mencegah uban dan menjaga kilau rambut. Cara penggunaan masker rambut alami ini pun mudah, kamu hanya perlu membalurkan air rendaman teh hitam dan mendiamkannya pada rambut sekitar 15 menit. Lakukan setidaknya 1 – 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. 

Masker Minyak Kelapa 

Minyak kelapa terkadung asam laurat

Orang Indonesia sudah lama mengenal minyak kelapa dalam praktik perawatan rambut. Di dalamnya terkandung asam laurat yang bagus untuk memulihkan kondisi rambut yang rusak. Selain itu, karena bersifat antijamur dan antimikroba, minyak kelapa bagus untuk mencegah ketombe. Untuk mendapatkan manfaatnya, gunakan minyak kelapa seperti kamu biasa menggunakan kondisioner setelah keramas.

Santan 

Santan memiliki kandungan asam laurat dan protein tinggi

Mirip dengan minyak kelapa, santan juga memiliki kandungan asam laurat dan protein yang tinggi. Jadi, khasiatnya bagus untuk melembapkan rambut dan menguatkan kutikula rambut. Selain mudah didapat, masker rambut alami ini bisa kamu gunakan sendiri di rumah, loh!

Wortel 

Wortel kaya akan vitamin A

Kaya akan vitamin A, wortel ternyata bisa digunakan sebagai masker rambut alami. Mudah saja, kamu hanya perlu membalurkan wortel parut ke rambut yang sudah di keramas. Agar mendapatkan hasil maksimal, kamu boleh mencampurnya dengan minyak zaitun, madu, atau yoghurt.

Bahan-bahan masker rambut alami tersebut ternyata mudah ditemukan, ya! Artinya, memiliki rambut yang indah, kuat, serta berkilau tidak memerlukan biaya yang terlampau besar. Kamu hanya perlu melakukannya secara rutin untuk mendapatkan kondisi rambut yang kamu inginkan. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *